SISTEM INFORMASI DATA KEPENDUDUKAN DESA DENGAN METODE ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION, EVALUATION

  • Cecep Kurnia Sastradipraja Politeknik Piksi Ganesha
  • Rahmat Hidayat Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra
  • Haerul Ramadan Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra
  • Aris Subagja Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra
Keywords: Sistem Informasi Manajemen, Analysis, Design, Development, Implementation Dan Evaluation, Pemerintahan Desa

Abstract

Desa cilangkap merupakan salah satu badan pemerintahan yang mempunyai kewajiban untuk melayani masyarakat dan memberikan informasi atau pelayanan terbaik bagi masyarakat.  salah satunya pelayanan dalam data kependudukan. Secara umum data kependudukan digunakan untuk berbagai keperluan seperti pelayanan wajib pajak, asuransi, jaminan kesehatan dan masih banyak lagi.  Pengimpementasian Metode ADDIE dalam pengolahan data kependudukan di Desa Cilangkap. Studi pendahuluan dilakukan dengan cara mengamati obyek penelitian. Studi ini dilakukan untuk mengetahui lebih dulu bagian yang akan diteliti. Setelah itu menyampaikan maksud dan tujuan kepada pimpinan instansi. Metode pengumpulan data dan peraturan- peraturan pemerintah. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan melalui pengamatan dan pencatatan data-data yang digunakan dalam pengembangan aplikasi. Penerapan metode ADDIE pada pengolahan data kependudukan desa cilangkap ini dapat membantu pihak desa dalam pendataan data kependudukan, dan juga meningkatkan kemampuan desa cilangkap dalam pekerjaan khususnya update data kependudukan menjadi semakin maksimal dan efisien. Menyediakan berbagai laporan yang ingin disajikan secara terpisah sehingga memudahkan bagi instansi untuk mendapatkan informasi laporan yang diinginkan.

Kata Kunci: Sistem Informasi  Manajemen,  Analysis, Design, Development, Implementation Dan Evaluation, Pemerintahan Desa.

Author Biographies

Cecep Kurnia Sastradipraja, Politeknik Piksi Ganesha

Program Studi Manajemen Informatika

Rahmat Hidayat, Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra

Program Studi Sistem Informasi

Haerul Ramadan, Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra

Program Studi Sistem Informasi

Aris Subagja, Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra

Program Studi Sistem Informasi

Published
2015-09-30
How to Cite
Kurnia Sastradipraja, C., Hidayat, R., Ramadan, H., & Subagja, A. (2015). SISTEM INFORMASI DATA KEPENDUDUKAN DESA DENGAN METODE ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION, EVALUATION . Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 2(1), 7 -. https://doi.org/10.52005/rekayasa.v8i1.117