OPTIMASI PENGGUNAAN VISKOSITAS PELUMAS, PENYETELAN CELAH KATUP, DAN CELAH ELEKTODA BUSI TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR

  • Mulyadi Universitas Pancasila
  • Yudi Nata Universitas Nusa Putra
Keywords: Katup, Elektroda, Viskositas

Abstract

Perkembangan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia tiap tahun bertambah pesat, sebagian besar kendaraan bermotor menghasilkan emisi gas buang yang buruk, baik akibat perawatan yang kurang memadai atau prilaku pengendara yang buruk.Polusi udara yang telah terjadi selama ini sebagian besar disebabkan oleh keberadaan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi.Sebagian besar pencemaran udara diakibatkan oleh emisi kendaraan bermotor.Kendaraan bermotor mengeluarkan gas-gas berbahaya yang dapat menimbulkan dampak negatif, baik terhadap kesehatan manusia maupun lingkungan. Metode penelitian ini adalah deskriptif eksperimental dengan rancangan pengumpulan data menggunakan metode Taguchi dengan variabel penelitian yaitu Optimasi Penggunaan Viskositas Pelumas ,Penyetelan Celah katup dan Celah Elektroda Busi dengan 3 level. Kemudian hasil pengaturan pada ketiga variabel tersebut diamati pengaruhnya yang diharapkan terhadap emisi gas buang yang lebih rendah kadar CO dan HC. Penelitian ini mempergunakan bahan bakar Premium, kemudian diberikan perlakuan penyetelan celah katup in 0,05mm, 0,06mm,0,07mm serta katup ex; 0,10mm, 0,12 mm, 0,13 mm, celah elektroda busi 0,5 mm,0,6 mm,0,7 mm dan Pengunaan pelumas dengan viskositas SAE 10W-30,SAE 10W-40,SAE 20W-50.Pada setiap penyetelan variasi celah katup ,celah elektroda busi dan viskositas pelumas pada masing-masing putaran idle mesin dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik gas buang yang keluar dari kendaraan ke lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian pada variasi viskositas SAE10-40W,celah katup in:0,7 mm,ex:0,13 dan celah elektroda busi 0,70 mm menghasilkan emisi gas buang yang paling rendah

Author Biography

Yudi Nata, Universitas Nusa Putra

Program Studi Teknik Mesin

Published
2021-09-22
How to Cite
Mulyadi, & Nata, Y. (2021). OPTIMASI PENGGUNAAN VISKOSITAS PELUMAS, PENYETELAN CELAH KATUP, DAN CELAH ELEKTODA BUSI TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR. Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 4(2), 14 - 20. https://doi.org/10.52005/rekayasa.v4i2.124
Section
Articles