PENGEMBANGAN E-MARKETING PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE ORIENTEDARCHITECTURE

  • muhamad muslih
Keywords: SOA, Cloud Computing, E-Marketing, PMB, Arsitektur SOA

Abstract

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dalam perguruan tinggi merupakan aspek penting yang harus dikelola dengan baik dan terencana, Hal ini dilakukan karena dengan konsep konvensional sistem marketing dapat memberikan kesulitan untuk sekolah dalam penyerahan dokumen pendaftaran PMB dan Program Beasiswa. Service-Oriented Architecture (SOA) dapat menjadi solusi masalah tersebut. Konsep service-orientation menjanjikan agility dan reusability dari service-service di suatu aplikasi. Penelitian ini memaparkan mengenai Pengembangan E-Marketing PMB pada divisiPMB di STT Nusa Putra Sukabumi yang agile dan reusable berbasis SOA dengan implementasi pada web service. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Pembangunan Sistem E-Marketing PMB dengan Arsitektur SOA pada Divisi PMB dapat memberikan kemudahan kepada pengguna sistem dalam hal ini Divisi PMB dan sekolah yang menjadi mitra STT Nusa Putra Sukabumi, haliniterlihat dari tingkat kepuasan pengguna yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke pengguna sistem, dan hasilnya sebesar 80% pengguna menyatakan puas dengan sistem E-Marketing PMB di STT Nusa Putra Sukabumi, dengannilaikorelasi variabel X terhadap Y sebesar 0,651 dengan derajat keeratan cukup kuat, artinya semakin baik penerapan Sistem E-Marketing dengan metode SOA, maka akan semakin baik sistem E-Marketing PMB di STT Nusa Putra Sukabumi.

Published
2014-09-29
How to Cite
muslih, muhamad. (2014). PENGEMBANGAN E-MARKETING PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE ORIENTEDARCHITECTURE . Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 1(1), 12-20. https://doi.org/10.52005/rekayasa.v1i1.136