PENERAPAN ADAPTIVE NEURO FUZZY INFRENCE SYSTEM DALAM PENILAIAN KINERJA GURU
Abstract
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar,dan pendidikan menengah (UU Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005). Dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Agar tujuan tersebut dapat terealisir dengan baik, maka guru mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis dalam pembangunan nasional bidang pendidikan (UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003). Masalah kinerja menjadi sorotan berbagai pihak, kinerja guru akan dirasakan oleh siswa atau orang tua siswa. Berbagai usaha dilakukan untuk mencapai kinerja yang baik.Perhatian pemerintah terhadap pendidikan sudah dilaksanakan anggaran pendidikan 20 % yang diamanatkan Undang-Undang. Maka kinerja guru tentunya akan menjadi perhatian semua pihak. Guru harusbenar-benar kompeten dibidangnya dan guru juga harus mampu mengabdi secara optimal.
Copyright (c) 2014 Dudih Gustian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.