DISTORSI MITOS DALAM PERUBAHAN LOGO (LOGO PT PERTAMINA)

  • arif johari
Keywords: Mitos, Rasional, Logo

Abstract

Berangkat dari sebuah pemikiran Horkheimer yang mengatakan bahwa “usaha manusia rasional untuk menghilangkan mitos tidak akan berhasil, yang ada malah usaha tersebut akan melahirkan mitos karena menurutnya usaha manusia rasional itu sendiri merupakan mitos bagi dirinya” . Merujuk apa yang dikatakan Horkheimer ilmu desain merupakan salah satu contoh nyata tampak hingga sekarang terutama desain komunikasi visual. Logo merupakan contoh nyata dimana logo merupakan sign yang membawa pesan dan tujuan tertentu. Banyak berbagai bentuk logo baik yang mengatasnamakan individu, organisasi swasta maupun pemerintahan tidak hanya di Indonesia namun hampir semua logo di dunia dibuat dan dirancang berangkat dari sebuah mitos. Bahkan tidak hanya logo munculnya ilmu pengetahuan sekalipun selalu bertolak dari mitos. Indonesia merupakan salah satu negara multiculture tentu banyak melahirkan banyak mitos, spirit kebangsaan dan nasionalisme di kemas dan dibungkus dengan sebuah mitos, dari mulai cerita dewa, binatang, warna dan sebagainya. Mitos burung garuda, kepala banteng, pohon beringin, dari kumpulan erbagai mitos membentuk lambang negara kesatuan republik Indonesia, sehingga muncul kecurigaan bahwa apa yang dilakukan manusia rasional hingga sekarang hanya ingin membuktikan dan menghilangkan mitos. Terlebih lagi banyak fakta yang membuktikan ketika sebuah mitos menjadi kenyataan, mitos akan tetap ada selama manusia masih menghuni alam jagatraya.

Published
2017-09-29
How to Cite
johari, arif. (2017). DISTORSI MITOS DALAM PERUBAHAN LOGO (LOGO PT PERTAMINA). Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 4(1), 19-23. https://doi.org/10.52005/rekayasa.v4i1.149