PENERAPAN METODE C4.5 DALAM TINGKAT KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA

  • Ria Dewi Hudayani Sugara STKIP Bina Mutiara
  • Agustian Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra
  • Imma Mardiyanti Visiam Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra
  • M. Farhan Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra
  • Dudih Gustian Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra
Keywords: TOEIC, ETS, metode C4.5

Abstract

Dalam 5 tahun terakhir menunjukkan kemampuan kemampuan bahasa Inggris bahasa Indonesia dari beberapa kategori sendiri.  Khususnya tingkat kemapuan bahasa Inggris dari para mahasiswa khususnya semester akhir sangat rendah, bahakan bisa dikatakan sangat memprihatinkan.  Oleh karena itu diperlukan penelitian terkait kemampuan bahasa Inggris di kalangan mahasiswa.  Itulah sebabnya tingkat kemampuan bahasa Indonesia masih rendah, hal ini bisa dipahami karena sistem pendidikan dilingkungan kampus khususnya kurang mendukung hal itu dengan ditandai bahwa kedua tidak dianggap ilmu pengetahuan melainkan sebagai media komunikasi.  Data diambil dari pengujian menggunakan tes TOEIC (Test Of Engish For International Communiccation) yang dikeluarkan oleh ETS (Educational Testing Service).  Dengan menggunakan metode C4.5 akan lebih mudah untuk membuat klasifikasi tingkat kemampuan bahasa Inggris dikampus XYZ berdasarkan faktor yang diteliti.  Penelitian ini memberi manfaat untuk melihat apa kekuatan tingkat kemampuan bahasa Inggris di kampus XY.  Selain itu hasil yang diperoleh dapat membantu manajemen khususnya dosen dalam meningkatkan kinerja pembelajaran, sehingga tingkat kemampuan bahasa Inggris meningkat.

Author Biographies

Ria Dewi Hudayani Sugara, STKIP Bina Mutiara

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Agustian, Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra

Program Studi Sistem Informasi

Imma Mardiyanti Visiam, Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra

Program Studi Sistem Informasi

M. Farhan, Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra

Program Studi Sistem Informasi

Dudih Gustian, Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra

Program Studi Sistem Informasi

Published
2015-02-28
How to Cite
Hudayani Sugara, R. D., Agustian, Mardiyanti Visiam, I., M. Farhan, & Gustian, D. (2015). PENERAPAN METODE C4.5 DALAM TINGKAT KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA. Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 1(2), 39–43. https://doi.org/10.52005/rekayasa.v1i2.155
Section
Articles