ANALISIS DAN PENGUJIAN 3G DAN 4G PADA INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP) INDOSAT DAN TELKOMSEL DAN OPTIMALISASI QUALITY OF SERVICE (QOS)

  • Arif Arif Rakhman Suharso Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin)
  • Asep Ramdan Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra
  • Nasrullah Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra
  • Irfanudin Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra
  • Lutfi Abdillah Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra
Keywords: QoS, Nperf, ping tools, cmd

Abstract

Teknologi komunikasi jaringan adalah rangkaian interkoneksi antara teknologi yang saling berhubungan satu sama lain. Salah satu komunikasiteknologi dan layanan data nirkabel yang saat ini sedang terkenal dan banyak Pengguna jaringan 3G dan 4G. Dengan jaringan akan memudahkan pengguna dalam penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari. Namun dengan perbedaan kecepatan akses tentunya diperlukan untuk menguji jaringan.  Karena itu, untuk mendapatkan kualitas sebuah jaringan untuk memberikan pelayanan yang baik itu  diperlukan untuk Sevices Quality of service (QoS). Layanan dalam tes ini difokuskan pada empat Parameter, yaitu: bandwith, latency, jitter dan packet loss. Untuk mengukur kinerja jaringan 3G dan 4G menggunakan Quality of Services (QoS), analisis dan pengujian digunakan dengan tujuan untuk melihat representasi keadaan saat ini.  Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dalam hasil pengujian jaringan 3G dan 4G. Jadi jaringan 4G memiliki dua kali lebih banyak cenderung memiliki peningkatan bandwith, latency, jitter dan packet loss. Namun, Dari teknologi jaringan kedua dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi pengguna dalam Penggunaan internet sesuai kebutuhannya.

Author Biographies

Asep Ramdan, Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra

Program Studi Teknik Informatika

Nasrullah, Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra

Program Studi Teknik Informatika

Irfanudin, Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra

Program Studi Teknik Informatika

Lutfi Abdillah, Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra

Program Studi Teknik Informatika

Published
2015-09-30
How to Cite
Arif Rakhman Suharso, A., Ramdan, A., Nasrullah, Irfanudin, & Abdillah, L. (2015). ANALISIS DAN PENGUJIAN 3G DAN 4G PADA INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP) INDOSAT DAN TELKOMSEL DAN OPTIMALISASI QUALITY OF SERVICE (QOS). Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 2(1), 36 -. https://doi.org/10.52005/rekayasa.v2i1.162