PENERAPAN FRAMEWORK eTOM DAN ITIL V3 DALAM PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN IT SERVICES MANAGEMENT PADA SUATU PERUSAHAAN

  • Hermanto SMK Yaspim
  • Albuhori Pahlevi Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra
Keywords: Tingkat Kematangan Proses Bisnis, eTOM, ITIL V3, IT Operation

Abstract

Saat ini, bisnis telekomunikasi secara keseluruhan sudah mengarah ke bisnis digital. Sehingga dari sisi bisnis proses dibutuhkan suatu transformasi bisnis proses yang sesuai dengan kebutuhan dalam industri telekomunikasi. Bisnis proses dalam perusahaan telekomunikasi sangat luas, tetapi pada makalah ini dibahas bisnis proses dalam IT Operation. Oleh karena perkembangan bisnis telekomunikasi yang cepat, maka perusahaan dibidang telekomunikasi perlu sesegera mungkin menyelaraskan proses bisnis mereka kedalam standar framework bisnis yang telah digunakan oleh perusahaan telekomunikasi secara global. Standar tersebut adalah eTOM, eTOM menjadi blue print proses bisnis dari suatu perusahaan telekomunikasi yang diakui secara global. Pada makalah ini dilakukan pengukuran tingkat kematangan proses bisnis dalam IT Operation. Pengukuran ini menggunakan framework eTOM dan ITIL V3 dalam mengukur unit bisnis IT Operation. Hasil akhirnya adalah mengetahui tingkat kematangan IT Operation dan memberikan saran restrukturisasi dan rekomendasi kebijakan yang nantinya dapat meningkatkan level kematangan dalam IT Operation agar sesuai dengan harapan management dan shareholder.

 

Author Biographies

Hermanto, SMK Yaspim

Program Studi Teknik Komputer Jaringan

Albuhori Pahlevi, Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra

Program Studi Teknik Elektro

Published
2017-02-27
How to Cite
Hermanto, & Pahlevi, A. (2017). PENERAPAN FRAMEWORK eTOM DAN ITIL V3 DALAM PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN IT SERVICES MANAGEMENT PADA SUATU PERUSAHAAN . Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 3(2), 41-46. https://doi.org/10.52005/rekayasa.v3i2.183
Section
Articles