ANALISIS ASPEK PENURUNAN PESERTA DIDIK BARU DI MTS AL-IBROHIMIYAH MENGGUNAKAN METODE ELECTRE II

  • Seliwati Ginting Politeknik Piksi Ganesha
  • Bagus Nurislah Universitas Nusa Putra
  • Regina Putriani Mulyana Universitas Nusa Putra
  • Sri Rahayu Universitas Nusa Putra
  • Dudih Gustian Universitas Nusa Putra
Keywords: ELECTRE II, Sumber Daya Manusia, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek apa yang mempengaruhi penurunan jumlah peserta didik baru di MTs Al-Ibrohimiyah menggunakan metode ELECTRE II. Data yang digunakan dikumpulkan melalui pemberian kuesioner kepada masyarakat sekitar MTs Al-Ibrohimiyah. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini meliputi biaya, branding, fasilitas, sumber daya manusia (SDM), jarak, dan lingkungan. Metode ELECTRE II digunakan untuk melakukan perangkingan terhadap alternatif yang ada. Hasil perhitungan ELECTRE II menunjukkan bahwa alternatif keempat, yang mewakili nama-nama masyarakat sekitar sekolah (A1), mendapatkan peringkat pertama. Alternatif keenam(A6) mendapatkan peringkat kedua, alternatif kelima(A5) mendapatkan peringkat ketiga, alternatif kedua(A2)mendapat peringkat keempat,alternatif ketiga(A3) mendapatkan peringkat kelima,dan alternatif keempat(A4) mendapatkan peringkat terakhir. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pihak pendidikan dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penurunan jumlah peserta didik baru. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan strategi branding, peningkatan fasilitas, pengelolaan sumber daya manusia, pemilihan lokasi, dan perbaikan lingkungan untuk meningkatkan minat masyarakat sekitar dalam mendaftarkan anak-anak mereka ke MTs Al-Ibrohimiyah.

Published
2023-08-19
How to Cite
Seliwati Ginting, Nurislah, B., Regina Putriani Mulyana, Sri Rahayu, & Gustian, D. (2023). ANALISIS ASPEK PENURUNAN PESERTA DIDIK BARU DI MTS AL-IBROHIMIYAH MENGGUNAKAN METODE ELECTRE II. Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 9(2), 87-101. https://doi.org/10.52005/rekayasa.v9i2.325
Section
Articles