OPTIMALISASI TINGKAT PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS X MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL

  • Didik Indrayana Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Rahma Fauziah M Universitas Nusa Putra
  • Shela Septiani H Universitas Nusa Putra
  • Siti Rahma Y Universitas Nusa Putra
Keywords: Kepuasan Mahasiswa, Fasilitas, Metode SERVQUAL

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi mempunyai peran penting dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Berbagai upaya yang dilakukan oleh perpustakaan agar dapat disesuaikan. Salah satu kegiatan yaitu mengidentifikasi permasalahan serta mencari solusi atas permasalahan tersebut. Permasalahan yang ada di klasifikasikan yaitu permasalahan sistemik. Permasalahan sistemik yang berkaitan dengan aspek kelembagaan, pendanaan, sumber daya manusia (sdm), koleksi bahan pustaka yang terbatas, dan minat baca. Temuan dari permasalahan yang ada selanjutnya dicarikan solusinya. Solusi masalah menghasilkan rekomendasi antara lain, mempercepat proses penataan ulang koleksi perpustakaan. Loker untuk menyimpan tas dan tempat yang disediakan dapat dioptimalisasikan. Solusi untuk permasalahan yang bersifat sistemik antara lain, perpustakaan perlu melakukan kolaborasi dengan pemangku kepentingan, meningkatkan kebutuhan SDM, serta meningkatkan layanan koleksi digital.

Published
2023-08-15
How to Cite
Didik Indrayana, Rahma Fauziah M, Shela Septiani H, & Siti Rahma Y. (2023). OPTIMALISASI TINGKAT PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS X MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL. Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 9(2), 66-78. https://doi.org/10.52005/rekayasa.v9i2.340
Section
Articles