ANALISIS SENTIMEN TERHADAP REVIEW BANK DIGITAL PADA GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

  • Alun Sujjadaa Universitas Nusa Putra
  • Somantri Universitas Nusa Putra
  • Juwita Nurfazri Novianti Universitas Nusa Putra
  • Indra Griha Tofik Isa Politeknik Sriwijaya
Keywords: Bank Digital, Analisis Sentimen, Support Vector Machine, Google Play Store, Bank Jago, Neobank, Seabank

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi di era digital ini, proses transaksi ekonomi terus mengalami perubahan salah satunya pada industri perbankan yang secara perlahan beralih ke layanan serba digital. Layanan perbankan digital ini tidak berbeda jauh dengan layanan perbankan konvensional, perbedaannya hanya terletak pada fitur layanan bank digital dapat dilakukan secara mandiri oleh nasabah tanpa perlu datang ke kantor cabang bank, maka dari itu dilakukanlah analisis sentimen untuk mengetahui penilaian pengguna layanan Bank Digital (Bank Jago, Neobank, Seabank) pada Google Play Store dengan menggunakan metode Support Vector Machine (SVM) dengan tujuan untuk mengetahui sentimen pengguna bank digital dan tingkat akurasi hasil klasifikasi yang dihasilkan dengan mengunakan metode metode Support Vector Machine (SVM).  Data ulasan yang diambil pada penelitian ini sebanyak 1500 data dari 3 aplikasi bank digital berbeda, data ulasan dibagi menjadi 80% data latih dan 20% data uji. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan metode Support Vector Machine didapatkan rata-rata akurasi sebesar 91%. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa bank digital Seabank memiliki presentase tanggapan positif lebih banyak diantara yang lainnya.

Published
2023-08-23
How to Cite
Alun Sujjadaa, Somantri, Juwita Nurfazri Novianti, & Indra Griha Tofik Isa. (2023). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP REVIEW BANK DIGITAL PADA GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 9(2), 122-135. https://doi.org/10.52005/rekayasa.v9i2.345
Section
Articles