PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

  • Bagus Nurislah Universitas Nusa Putra
  • Dudih Gustian Universitas Nusa Putra
Keywords: Data mining, Rapid miner, Algoritma Apriori, Toko Online

Abstract

Elite Sport, toko online perlengkapan olahraga di Lazada, mengalami penurunan penjualan signifikan dari Februari hingga Mei 2023, dengan sekitar 43% barang inventaris tidak terjual. Penelitian ini menggunakan algoritma Apriori dalam analisis data mining terhadap transaksi penjualan di platform e-commerce Elite Sport, dengan fokus pada mempermudah keputusan pembelian produk. Data primer dari 120 transaksi Mei 2023 diolah menggunakan Microsoft Excel dan MS Word untuk penyusunan jurnal. Algoritma Apriori diimplementasikan melalui RapidMiner 10.3. Hasil analisis menunjukkan 11 aturan asosiasi relevan, di mana pembelian produk POMPA konsisten terkait dengan Bola Voli JML dan Bola Basket RUBBER, dengan tingkat kepercayaan mencapai 100%. Faktor-faktor seperti kebutuhan olahraga dan promosi mungkin memengaruhi pola pembelian. Penelitian menyimpulkan bahwa pembelian POMPA memiliki keterkaitan erat dengan berbagai produk olahraga, ditunjukkan melalui visualisasi grafik. Wawancara dengan pemilik toko memberikan pemahaman lebih lanjut terhadap kebutuhan olahraga dan strategi pemasaran. Kesimpulan ini memberikan wawasan berharga untuk meningkatkan operasional dan strategi pemasaran Elite Sport dalam menghadapi tantangan penurunan penjualan

Published
2024-02-29
How to Cite
Nurislah, B., & Dudih Gustian. (2024). PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 10(1), 44-52. https://doi.org/10.52005/rekayasa.v10i1.427